Kamis, 05 April 2012

Info (Aksi Demo)

Jakarta Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia dalam beberapa hari ini. Sebelumnya seperti diketahui para pendemo telah turun ke jalan sejak Selasa (27/3) lalu. Demonstrasi besar-besaran itu tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan beberapa kota lainnya. Untuk di Jakarta demonstrasi menentang kenaikan harga BBM terjadi di beberapa titik seperti Gedung DPR/MPR, Istana Negara, dan sejumlah SPBU. Kericuhan juga sempat terjadi di lokasi-lokasi tersebut. Sedikitnya 50-an mahasiswa yang melakukan aksi di Jalan Diponegoro, Salemba, Jakarta Pusat diamankan oleh pihak kepolisian karena dianggap melakukan tindakan anarkis. Sementara untuk di depan Gedung DPR/MPR, juga sempat terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi yang menyebabkan rusaknya pagar utama di depan Gedung DPR/MPR.

Polisi beranggapan peserta aksi sudah melakukan tindakan pidana yaitu berulah brutal dan melampaui batas unjuk rasa. "Unjuk rasa ini sudah menuju tindak pidana. Yang ditangkap semuanya dalam pemeriksaan. Kita pidana," kata Kapolda Polda Metro Jaya Irjen Untung S Rajab di DPR Jumat (30/3/2012) malam. Ditambahkannya, aksi para demonstran juga sudah melanggar tindak pidana karena sudah melakukan pengrusakan. "Aksi ini sudah brutal, merobohkan pagar dan minta masuk ke depan. Lalu dalam UU unjuk rasa itu maksimal aksi sampai jam 18.00 WIB," jelasnya.

Seperti diberitakan pada Jumat (30/12/2012) pukul 19.00 WIB Polisi langsung membubarkan paksa para peserta aksi. Polisi mengklaim telah melakukan langkah persuasif. Namun pendemo justru melempari petugas dengan batu dan bom molotov. Akhirnya polisi menggunakan water cannon dan tembakan gas air mata untuk membubarkan aksi. Polisi memukul mundur pendemo kearah Semanggi dan Slipi. Jalanan di depan gedung DPR mulai lumpuh. Jalan tol di kedua ruas baik yang mengarah ke arah Slipi maupun kearah Cawang ditutup.. Hingga akhirnya, suasana kembali kondusif sekitar pukul 22.00 WIB.

Sumber: detik.com dan kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar