Kamis, 12 Mei 2016

Wisudawan Perbanas siap menjadi SDM Inovatif dan Produktif


Wisuda merupakan suatu moment yang membahagiakan sekaligus mengharukan bagi mahasiswa, karena pada hari itu dilakukan  pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu perguruan tinggi, khususnya Perbanas Institute. Rabu, 11 Mei 2016 Perbanas Institute berhasil meluluskan 480 wisudawan di Jakarta Convention Center (JCC) dengan mengangkat tema Pengembangan Sumber Daya Insani yang Inovatif, Produktif, dan Berjiwa Wirausaha di dalam Era MEA. Dengan tema tersebut, Ibu Siti Safaria, ketua pelaksana acara ini berpesan agar para wisudawan setelah lulus berani menghadapi tantangan dan lebih inovatif serta produktif dalam dunia kerja.

Pesan Bapak Sutrisno Bachir, ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional

Wisuda tersebut tidak hanya dihadiri orangtua dari wisudawan tapi juga dihadiri  Bapak Sutrisno Bachir, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), salah satu pesan beliau yaitu ubahlah mindset kalian untuk tidak mencari pekerjaan tetapi jadilah pengusaha dan buatlah lapangan kerja untuk orang lain. Aktifkan otak kanan untuk senantiasa berinovasi, dengan demikian otak kanan akan bekerja dan otak kanan senantiasa melihat MEA itu sebagai peluang, bukan ancaman. Jadikan MEA sebagai suatu peluang untuk mengembangkan usaha dengan memanfaatkan internet. Anak muda sekarang kan pandai bermain internet. Banyak anak muda yang sukses dengan memanfaatkan IT, kalian bisa memasarkan produk hingga ke luar negeri. Lihat saja Jack Ma, pengusaha e-commerce Alibaba. Dia meraup banyak keuntungan dan menjadi orang terkaya di China, kita bisa belajar banyak dari Jack Ma. Begitu kata beliau.
Pada wisuda kali ini, Bapak Soetrisno Bachir juga memberikan modal untuk 20 orang wisudawan perbanas masing-masing 5 juta rupiah. Itu merupakan motivasi beliau untuk generasi muda menjadi enterpreneur dan membangun negeri ini.




Lulusan Terbaik
Diakhir penghujung hari kelulusan itu, diumumkanlah lulusan terbaik. Bagi mereka yang mendapat peringkat cumlaude harus melalui syarat seperti lulus tepat waktu, tidak pernah mendapat sanksi akademik, IPK diatas 3,51 atau yang tertinggi dari jurusannya, mereka juga mendapatkan hadiah berupa pin emas 2,4 karat sebesar 10 gram, uang tunai senilai 1.500.000 bagi D3 dan beasiswa studi lanjut S1 di Perbanas, 2.500.000 bagi S1 dan besiswa lanjutan S2 di Perbanas, dan beasiswa sebesar 5.000.000 bagi S2. Berikut ini adalah nama-nama lulusan terbaik itu :
Benjamino El Tobing dengan ipk 3.85 (S2 Akuntansi)
Joshua Lukas Suandi dengan ipk 3.87 (S1 Akuntansi)
Atikah Filsafari dengan ipk 3.73 (S1 Manajemen)
Claudia Ulibasa dengan ipk 3.74 (D3 Akuntansi)
Menurut salah satu penerima predikat lulusan terbaik, yaitu Joshua Lukas Suandi (S1 akuntansi) program regular, perasaan saya adalah seneng bercampur grogi dan keringat dingin, hehe tuturnya.  Belajar, mengikuti kemauan dosen, dan  tepat waktu adalah kunci suksesnya disertai dengan  motivasi terbesarnya dari orang tua dan teman-temannya. Motivasi dengan mengingat orang tua pun juga dapat menjaga konsistensi belajarnya agar tidak malas, memang sulit menjaga pola belajar, dia pun mengakui bahwa dalam masa study, IPK nya fluktuatif di semester 2 ke 3 tetapi tidak begitu drastis hanya sekitar 0.02, Joshua juga meyakini bila tidak ada mata kuliah yang sulit jika rajin belajar,“saya saat semester  3 juga penah menjadi delegasi lomba akuntansi sehingga  sudah mengerti materi semester selanjutnya, tetap semangat dan jangan nganggep dosen gak enak  dan selalu ingat orang tua” ujar Joshua.

Selamat kepada wisudawan Perbanas Institute 11 Mei 2016, semoga dapat menjadi SDM yang inovatif, produktif dan dapat selalu mengharumkan nama baik almamater.


Tim liputan : Lutfia, Yuna, M.noor, Ferry, Yaohan, Irvan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar