Selasa, 18 Maret 2014

JALUR NON SKRIPSI



Skripsi merupakan prasyarat yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa S-1 untuk kelulusan.Perbanas Institute telah memfasilitasi mahasiswa nya untuk dapat mengambil jalur non skripsi sebagai salah satu pilihan untuk menyelesaikan studinya, sudah tercantum dalam kurikulum 2012 yang berbasis kompetensi. Kebijakan ini sebetulnya bukan hal yang baru, karena Kemendikbud sudah mengeluarkan kebijakan ini pada tahun 1995. Hanya saja kurangnya minat dari mahasiswa sendirilah yang membuat program jalur non skipsi sepi peminatnya.
Pada peraturan terakhir, Dikti menganjurkan mahasiswa untuk menulis “Publikasi Ilmiah”, hal ini dirasakan karena Indonesia sudah jauh tertinggal publikasi ilmiahnya dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapore dan Malaysia.
Secara garis besar, jalur skripsi berjumlah 6 sks sedangkan pada jalur non skripsi sebagai gantinya mahasiswa diwajibkan mengambil 2 mata kuliah konsentrasi (di luar dari mata kuliah konsentrasi yang sudah diambil) dengan total 6 sks. Pihak prodi juga sudah mengatur matakuliah apa saja yang dianggap sebagai mata kuliah pengganti skripsi. Bagi mahasiswa yang mau mengambil jalur non skripsi dapat melihat ketentuannya sebagai berikut:
https://star.perbanasinstitute.ac.id/files/634_PENG%20NON%20TA.jpg
Ketika mahasiswa sudah lulus dari matakuliah tersebut, maka mahasiswa diharuskan membuat tulisan yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut. Namun, tulisan tersebut belum dianggap sebagai hasil reset, melainkan sebagai artikel atau ilmiah populer. Dan dari 2 tulisan tersebut mahasiswa berhak memilih 1 tulisannya yang dianggapnya terbaik untuk selanjutnya meminta persetujuan dari dosen pengajar, lalu hasil tulisan tersebut akan di submit ke jurnal manapun.
Bagi mahasiswa yang sudah menerima pernyataan bahwa tulisannya diterima di jurnal tersebut, maka bukti pernyataan tersebut akan diserahkan ke bagian skripsi sebagai bukti bahwa pengganti skripsinya, mahasiswa tersebut telah lulus 2 mata kuliah pengganti skripsi dan hasil tulisannya sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal. Perbanas Institute juga sudah memfasilitasi dalam bentuk E-journal. Bagi mahasiswa yang berminat mengambil jalur non skrisi, dapat mengurusnya di Subbag. (Januar, Ratna, Nurul, Elsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar