Minggu, 09 Juni 2019

Perlunya Public Speaking di Zaman Milenial


Sumber foto: linkedin.com

Di zaman milenial ini kita bisa melihat, dimanapun kita berada banyak sekali kalangan baik tua maupun muda yang sudah bisa berbicara di depan khalayak ramai. tentu itu bukan kali pertama mereka melakukannya, Karna mereka pasti melakukannya berulang kali. hal itu lah yang menjadikan mereka mempunyai keberanian untuk melakukan public speaking.
Di samping itu, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) seperti halnya presentasi merupakan salah satu penunjang keberhasilan seseorang, terutama bagi mereka yang menggeluti pekerjaan yang mengharuskan selalu berkomunikasi dengan orang lain. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, sebagai makhluk hidup manusia tidak akan lepas dari hal yang disebut komunikasi. Baik komunikasi formal maupun informal.
Kemampuan public speaking juga sangat penting bagi orang-orang yang berprofesi sebagai konseptor, analisis, dan profesi-profesi lain yang mengharuskan seseorang berhubungan dengan banyak orang. Artinya, hampir semua profesi dalam perkembangannya membutuhkan kemampuan public speaking, termasuk kemampuan presentasi.
Bagi sebagian orang aktivitas berbicara di depan umum atau presentasi merupakan hal yang mudah, karena orang tersebut memiliki kepercayaan diri dan bakat atas kemampuan tersebut. Tapi bagi sebagian orang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan momok yang menakutkan karena memang kurangnya kepercayaan diri dan rasa tidak memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang tumbuh di dalam diri seseorang.
Namun, adanya bakat atau tidak dalam diri seseorang, bukan alasan utama bagi seseorang untuk bisa melakukan presentasi dan berbicara di depan umum secara luas dan matang.

Berikut tiga keterampilan yang harus dimiliki saat public speaking:
1.      Kualitas Intektual (intellectual capacity) 
Penyampaian materi dengan baik dan benar adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh seorang public speaker agar khalayak mampu mengerti dan memahami apa yang sedang disajikan.

2.      Kekuatan Nada Suara
Suara merupakan alat utama dalam berbicara, maka dari itu hal tersebut sangat penting untuk menarik perhatian khalayak. Dengan vokal dan intonasi yang jelas peserta dapat mengetahui intensitas pentingnya materi yang sedang disampaikan. Kekuatan nada suara ini mencakup ritme, volume suara, intonasi, dan artikulasi.

3.      Penguasaan Panggung
Agar suasana tidak membosankan selama berbicara di depan umum, maka pertimbangkan bahasa tubuh. Gerakan harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan tetap menjaga kontak mata dengan khalayak.
Dengan terus berlatih, maka kemampuan dalam public speaking akan terasah dengan sendirinya. Hal ini bukan semata mata berbicara mengenai bakat, melainkan proses yang harus dilalui seseorang. Maka, siapkan diri untuk memberikan yang terbaik.

Penulis : Natasya Nurisva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar