Minggu, 22 September 2019

Misteri Alas Purwo, Hutan Misteri di Pulau Jawa

Sumber Foto: Hipwee.com

Taman Nasional Alas Purwo atau Alas Purwo National Park merupakan salah satu kawasan bagi ratusan jenis flora dan fauna di Indonesia. Alas Purwo terletak di ujung tenggara Pulau Jawa, yaitu Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyak yang berasumsi Alas Purwo adalah hutan yang sangat menakutkan untuk dikunjungi, meskipun begitu tidak sedikit pula masyarakat yang justru ingin mengunjungi hutan tersebut. Nah, sebelum berkunjung kesana, alangkah baiknya mengetahui beberapa hal tentang Alas Purwo, di antaranya :

1. Sejarah Alas Purwo
Penamaan Alas Purwo ini berdasarkan dari legenda masyarakat. Dimulai dari Alas Purwo yang memiliki arti Hutan Pertama atau Permulaan.  

2. Misteri dan Mitos Alas Purwo
Selain memiliki keindahan alam, Alas Purwo juga memiliki segudang misteri di dalamnya, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata paling angker di Pulau Jawa. 

Mulai dari kegiatan-kegiatan mistis, seperti pesugihan, semedi untuk wangsit atau ilmu hitam dan hilangnya beberapa orang disana. Kegiatan tersebut membuat masyarakat beranggapan bahwa Alas Purwo tempat yang angker dan keramat. Tak hanya itu, sebagian orang percaya bahwa di Alas Purwo terdapat kerajaan gaib yang menjadi tempat seluruh jin di Pulau Jawa.

Mitos disana pun cukup terkenal. Seperti saat mengunjungi Alas Purwo, kamu mendengar suara asing yang memanggil, maka jangan langsung menengok ke belakang. Hal itu dipercaya akan membawa malapetaka dan akan dibawa oleh makhluk gaib yang memanggilnya. 

3. Objek Wisata di Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo sendiri memiliki banyak keindahan alam yang eksotis berupa Situs goa, padang savana, dan pantai. Salah satu goa yang paling terkenal ialah Goa Istana, konon memiliki kegelapan abadi, cocok untuk kamu yang suka tantangan saat berwisata. Sedangkan untuk pantainya terdiri dari Pantai Parang Ireng, Pantai Ngagelan, Pantai Pancur, dan Pantai Plengkung. 

Jika berencara ke Banyuwangi, sebaiknya ikut event yang diadakan pemerintah daerah dalam Event Sport Tourism, yaitu Alas Purwa Geopark Green Run pada 17 November 2019. Acara in bertujuan untuk mempromosikan  Taman Nasional Alas Purwo dan diajukan menjadi bagian dari Global Geopark Network UNESCO, salah satu badan PBB yang menangani pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan. 

4. Akses ke Alas Purwo 
Perjalanan menuju Alas Purwo dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, atau bisa menyewa mobil karena tidak ada kendaraan umum melalui tempat wisata ini. Dari kota Banyuwangi menuju ke kecamatan Rogojampi, Srono, Muncar, dan Tegaldlimo. Dari Tegaldlimo sekitar 10 km akan melalui Jalan Makadam dan menemukan Pos Rowobendo, gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo. 

Itulah misteri dari Taman Nasional Alas Purwo. Jika kalian ingin berkunjung jangan lupa untuk tag foto kamu di instagram @dni_info 

Penulis: Delima Aris

1 komentar: