Jumat, 03 Januari 2020

Begini Cara Cek Titik Banjir dengan Menggunakan Google Maps


Begini Cara Cek Titik Banjir dengan Menggunakan Google Maps


Sumber foto: Google


Pada Sore jelang pergantian tahun baru hingga (1/01/2020) terjadi curah hujan yang tinggi dan menyebabkan sejumlah titik lokasi di Jakarta dan sekitarnya banjir.

Pada hari ini (03/01/2020), di beberapa wilayah Jabodetabek masih ada area yang tergenang air dan ada juga yang berangsur-angsur surut. Karena itu, sejumlah ruas jalan dan transportasi KRL hingga Transjakarta pun terganggu pengoperasiannya.

Bagi yang ingin mencari informasi jalan mana saja yang bisa dilewati atau masih ditutup, kalian dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang sudah terpasang di perangkat mobile atau dapat mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau App Store.

Saat aplikasi dibuka, tampak tab yang bertuliskan "Jakarta Flood" atau "Banjir di Jakarta" di bagian bawah layar. Klik untuk mendapatkan informasi tambahan tentang banjir di Jakarta dan sekitarnya.



Sumber foto: Google Maps


Sebelum mencari informasi penutupan jalan, pengguna perlu mengubah detail peta menjadi format lalu lintas di bagian kanan atas peta. Di tampilan peta, pengguna dapat melihat jalan-jalan mana saja yang dilaporkan mengalami penutupan karena banjir.

Informasi penutupan jalan pada peta diwakili simbol forbidden (dilarang masuk, verboden) berwarna merah, dan simbol peringatan berupa tanda seru berlabel kuning. Apabila di klik simbol forbidden maka akan menampilkan informasi lanjutan soal penutupan ruas jalan, serta mendapatkan infomasi berapa banyak laporan yang masuk dan kapan waktu pelaporan terakhir.

Selain itu, Google Maps juga mengarahkan penggunanya untuk melihat informasi terbaru yang langsung mengarahkan ke halaman search Google.



 Penulis: Rabiah adawiyah
Sumber: Google Maps




Tidak ada komentar:

Posting Komentar