Selasa, 12 Juni 2012

Seputar Piala Eropa


Rivalitas sengit antara Jerman dengan Belanda



Belanda kontra Jerman jadi salah satu rivalitas paling sengit di sejarah sepakbola dunia. Kamis (14/6/2012) dinihari WIB, perseteruan mereka akan berlanjut. Berikut data-fakta kedua tim, seperti dikutip dari Eurosport.

- Laga antara Belanda vs Jerman di Metalist Stadium, Kharkiv, besok lusa akan jadi pertemuan ke-39 antara keduanya di level internasional. Der Panzer sementara unggul dengan meraih 14 kemenangan, sementara Belanda menang 10 kali.

- Khusus di Piala Eropa, justru Belanda yang lebih unggul. Mereka menang dua kali (1988 dan 2002) serta sekali imbang (2004). Jerman memetik satu kemenangan yakni di tahun 1980.



- Tercatat tujuh kali kedua tim saling berhadapan di kompetisi besar, dan dalam seluruh kesempatan tersebut selalu tercipta gol.

- Dalam 12 pertemuan terakhir kedua tim, Jerman cuma bisa menang tiga kali. Sementara Belanda memetik empat kemenangan, sementara lima lainnya berakhir imbang.

- Belanda memenangi empat dari lima pertandingan terakhirnya di fase grup Piala Eropa. Sementara dari 10 pertandingan terakhir di fase grup Piala Eropa, mereka memetik tujuh kemenangan, dengan hasil laga lainnya adalah satu hasil imbang dan dua kekalahan.

- Di sisi lain, Jerman cuma menang tiga kali dari 11 pertandingan terakhir fase grup Piala Eropa. Di delapan pertandingan sisanya, Jerman menelan empat kekalahan dan empat hasil imbang.

- Dari tiga penyelenggaraan terakhir Piala Eropa, dua kali Jerman tersingkir di babak pertama.

- Jerman tidak pernah dalam posisi tertinggal di 10 pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2012. Statistik tersebut mereka lanjutkan saat menang 1-0 atas Portugal di pertandingan pertama Grup B.

- Laga Jerman vs Belanda ini juga jadi pertemuan antara dua striker yang sangat subur di babak kualifikasi. Klaas-Jan Huntelaar menyumbang 11 gol untuk Belanda, sementara Miroslav Klose melesakkan sembilan gol. Uniknya, kedua pemain tersebut cuma jadi pengganti di pertandingan pertama Jerman dan Belanda.

- Belanda punya beberapa pemain yang merumput di Jerman yakni Khalid Boulahrouz (Stuttgart) dan Arjen Robben (Bayern). Sementara Rafael van der Vaart, Nigel de Jong, Joris Mathijsen (Hamburg) dan Mark van Bommel (Bayern) juga pernah merasakan kompetisi Bundesliga.

- Pelatih Belanda, Bert van Marwijk malah pernah menjadi pelatih Borussia Dortmund dalam selang 2004 hingga Desember 2006
(sumber : sport.detik.com)

Siapakah yang akan mendapatkan poin penuh pada 14 juni 2012 dinihari nanti?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar