Selasa, 27 Oktober 2020

Cantik! Jenis Ikan Cupang Hias

 

Sumber foto : reddit.com

Halo Semuanya! Adakah dari kalian yang suka mengoleksi ikan cupang hias? Jika ada dari kalian yang suka mengoleksi ataupun memelihara ikan hias, kali ini Sha akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis ikan cupang.

Secara geografis, Indonesia adalah negara kepulauan dengan dua per tiga luas lautan ketimbang daratan. Di dalam pulau-pulau itu  terdapat juga sungai-sungai yang didiami oleh fauna air yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya ikan hias air tawar, yakni ikan cupang.

Secara umum, ikan cupang merupakan jenis ikan hias air tawar yang populasinya paling banyak berada di daratan Asia, semisal Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Brunei Darussalam. Jika dikelompokkan, ikan cupang terbagi atas tiga golongan, yakni ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

Nama Indonesia pun tak lepas dari mata dunia soal ikan hias yang satu ini. Ikan cupang asli Indonesia saat ini sudah menjadi komoditas ekspor ke mancanegara. Sebut saja negara-negara tujuan seperti ke Amerika Serikat, China, Singapura, Jepang, dan Australia. Berikut beberapa jenis cupang yang terkenal dengan keindahannya :

1. Ikan Cupang Serit (Crown Tail)

Sumber foto : jejamo.com

Cupang Crown Tail atau Cupang Serit ini menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja. Jenis ikan cupang ini banyak sekali dikoleksi orang banyak karena hasil breeder yang cukup langka.

2. Ikan Cupang Half Moon


Sumber foto : ikanesia.com

Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Ikan cupang Half moon ini dikenal dan dipelihara karena keindahannya. Varian warnanya juga tidak kalah menarik, mulai dari merah menyala, kuning, bahkan putih. 

3. Ikan Cupang Slayer

Sumber foto :medium.com

Ikan cupang Slayer adalah hasil perkawinan silang ikan cupang Half moon dan Serit. Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang. Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya. Selain itu ikan cupang slayer dikaruniai warna-warna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau, dan beberapa warna terang lain.

4. Ikan Cupang Fancy


Sumber foto : abahtani.com

Jenis ikan cupang Fancy merupakan ikan cupang yang cukup terkenal di kalangan penggemarnya. Ikan cupang ini memiliki keunggulan kombinasi warna yang cantik seperti lukisan. Tak heran jika jenis ikan cupang ini dibanderol cukup mahal.

Nah Dinamikers, setelah melihat jenis-jenis ikan cupang dan gambarnya, jenis manakah yang paling tertartik untuk kalian pelihara? Jangan lupa sebelum membeli ikan, perhatikan dengan benar jenis-jenis ikan cupang dan ciri-cirinya agar bisa membeli yang sesuai kebutuhan. Dan juga, siapkan  kebutuhan hewan peliharaan ini seperti akuarium dan juga makanannya.

         

Penulis : Asha







Tidak ada komentar:

Posting Komentar