Sabtu, 01 Oktober 2016

Pancasila, Dasar Negara Indonesia



                        
Pancasila merupakan dasar bagi Negara kita yaitu bangsa Indonesia dan tepat pada tanggal 1  Oktober seluruh bangsa Indonesia selalu memperingati hari Kesaktian Pancasila yang biasanya dimanfaatkan untuk ajang merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Khususnya bagi generasi muda saat ini agar dapat lebih mengenali sejarah kehidupan serta dapat memiliki rasa percaya diri dan kebanggan atas bangsanya sendiri.

Pancasila mengandung makna yang amat penting bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia maka dari itu masyarakat Indonesia harus memliki nilai-nilai dan semangat pancasila. Pancasila adalah dasar negara. Pancasila adalah asal tunggal dan menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia.


Akan tetapi, untuk saat ini nilai-nilai dan semangat pancasila dari negeri ini semakin melemah yang terlihat dari melemahnya kebersamaan dan persaudaraan bangsa Indonesia. Hal ini penting sekali khususnya bagi generasi muda bangsa ini, di tengah terpaan pengaruh global, kita seharusnya menguatkan dan memperlengkapi diri agar tidak terjebak dalam arus global. Salah satunya dengan menggali kembali nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri. Nilai-nilai itulah yang menjadi dasar untuk membangun kembali jati diri bangsa ini. Maka dari itu pada hari kesaktian pancasila merupakan kesempatan yang baik untukkita generasi penerus dalam mengimplementasikan dan membumikan kembali dasar negara kita, Pancasila.


Tim editor: M.Noor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar