Kamis, 29 Maret 2018

Youth talk show: “strategi pemuda dalam Menghadapi Pasar Tenaga Kerja di Masa Depan”





Voyage to Indonesia merupakan tema besar dari serangkaian kegiatan yang menjadi bagian dari persiapan penyelenggaraan sekaligus upaya optimalisasi manfaat IMF-WB Annual Meetings 2018.  Rangkaian acara tersebut dimulai dari  venturing bussines into Indonesia pada febuari lalu hingga bulan oktober yang menjadi puncak acara annual meeting tersebut.




Acara youth talk show  merupakan salah satu dari rangkaian acara voyage Indonesia  yang  diadakan oleh kementrian keuangan RI bekerjasama dengan bank Indonesia,  talk show ini mengundang 4 narasumber  yaitu  Vivi Alatas yang merupakan anggota world bank pada tahun 2000,  Parjiono, S.E., MPP, Ph.D selaku Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, kedubes Australia  Mr. Peter S, dan Aryo Dwi Harprayudi selaku adviser dreamdelion.
Youth talk show diikuti oleh para pemuda yang bekerja di kementrian keuangan, dan mahasiswa se jabodetabek yang mendapatkan undangan, “memang bukan acara besar tapi lebih ke privat, sehingga diadakan talkshow bukan seminar agar diskusi dua arahnya nyampe” ungkap Rafael yang merupakan pembawa acara dari acara tersebut.
Tujuan diadakanya acara ini adalah untuk mendapatkan gagasan dari para generasi muda yang diharapkan dapat menyumbangkan ide yang dapat di bahas di annual meeting IMF-WB pada oktober 2018 nanti.  Ke-empat narasumber tersebut menjelaskan bahwa dalam menghadapi pasar tenaga kerja ke depanya di Indonesia sebaiknya para pemuda  tidak hanya sekedar otomatisasi tetapi pendidikan dasar sendiri yang menjadi fasilitator harus memiliki yang kompeten, karena otomatsasi akan berujung pada pekerjaan yang terstruktur, sector pendidikan vokasi harus diterapkan secara maksimal di Indonesia, tidak hanya itu para pemuda harus adaptif, kreatif, dan sadar akan tantangan yang berupa ketimpangan kualitas dan mengerti demand kondisi global, serta memotivasi diri untuk terus mau  selalu belajar.
Tim liputan : yuna parera


Tidak ada komentar:

Posting Komentar