Senin, 29 April 2013

MoU Perbanas Institute dengan International Islamic University Malaysia (IIUM)




Selasa, 23 April 2012 Perbanas Institute menggelar acara penandatangan kerjasama dibidang pendidikan bersama salah satu Universitas Internasional di Malaysia, yaitu Internasional Islamic University Malaysia. Kerjasama ini merupakan salah satu langkah Perbanas Institute untuk mewujudkan visi di 2019 nantinya untuk menjadi 5 besar di Asia. Kerjasama ini merupakan tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar  potensi Perbanas Institute untuk menuju ke jenjang Internasional dan ingin memiliki network yang luas. Selain penandatanganan MoU juga diadakan sharing season bersama Prof. Dr. Erry Yulian mengenai pendidikan tinggi di Malaysia.
Manfaat dari adanya MoU atau Kerjasama ini, akan membuka kesempatan untuk Mahasiswa/i Perbanas Institute ataupun IIUM untuk melakukan student exchange, dan tentunya bisa lebih dalam mengenal budaya-budaya yang ada di luar. Program student exchange ini akan mulai diterapkan oleh Perbanas pada tahun ini, namun ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk mengikuti program pertama dari MoU ini, yaitu minimal sudah menselesaikan 120 sks dan minimal IPK 3.00 serta toefl ±600, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa wajib . Syarat itu ditujukan agar mahasiswa/i yang mengikuti student exchange sudah memiliki pondasi dari awal.
Mengenai program studi yang akan diambil selama student exchange itu sesuai dengan perjanjian di awal saat mendaftar. Apabila program pertama yaitu pertukaran pelajar sudah berhasil, akan dilanjutkan untuk melakukan pertukaran pada staff-staff kampus, untuk meningkatkan kinerja dalam hal sumber daya manusia, dan melakukan studi lanjut terutama untuk S3, selain itu akan melakukan join research,dan join publication. Banyak keuntungan yang diterima dari dua belah pihak tentunya, dan partisipasi dari mahasiswa/i ini sendiri juga sangat berpengaruh penting dalam menjalankan MoU ini.

Tim Liputan : Khusnul Khotimah dan Irwansyah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar