Minggu, 25 September 2016

Nautika Rasa, Terungkapnya Keindahan Maritim Indonesia




              Indonesia jelas dihadiahi maritim yang keren banget, selain bisa jadi objek wisata yang bisa refresh otak atau jadi background foto buat di instagram, maritim Indonesia juga punya sumber protein yang melimpah. Ngga salah jika diadakan pameran yang satu ini, biar kita terutama anak muda Indonesia makin sadar sama kekayaan kita.

            Pameran yang diselenggarakan di Galeri Nasional ini diresmikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti pada 13 september 2016 dengan tema Nauitika Rasa Seni Rupa dan Bahari” dengan 120 peserta yang terdiri dari para seniman dari Bale Seni Barli Bandung dan Ikatan Pelukis Wanita Indonesia (IPWI). Bukan cuma lukisan saja yang dipamerkan, tapi juga ada patung, video, dan seni instalasi yang semuanya menggambarkan keindahan maritim.

Tanggapan positif dari masyarakat terlihat dari antusias pengunjung yang tidak hanya dari kalangan pelajar ataupun mahasiswa namun ada pula orang dewasa yang ikut melihat pameran ini. Menurut salah satu pengunjung, pameran maritim ini dapat menjadikan media edukasi yang efektif untuk para pelajar dan dapat meningkatkan wawasan akan pentingnya tetap menjaga lingkungan termasuk laut Indonesia. Selain itu, perlu diadakannya penggalakan dibidang hukum atau efek jera bagi yang melakukan pencurian ikan agar meningkatnya kesejahteraan nelayan. 

Ibu Nakis Badriah atau biasa disebut Nakis Barli (istri dari Alm. Maestro lukis Bpk. Barli Sasmitawinata) yang merupakan penyelenggara pameran ini juga sempat memberikan argumennya mengenai pameran lukisan dan kemaritiman, “dengan diadakan pameran seni ini memberikan rasa takjub kepada masyarakat betapa indahnya kelautan Indonesia, maka perlulah kesadaran masyarakat untuk menjaganya, misal tidak membuang sampah sembarangan atau tidak menggunakan bahan peledak untuk penangkapan ikan.” Ibu Nakis juga berpesan kita sebagai anak muda dapat menjaga keindahan laut Indonesia dan dapat mengekspesikan melalui lukisan keindahan laut Indonesia.


Itulah liputan kami mengenai dunia bahari yang diaplikasikan kedalam lukisan, dengan begitu banyak pesan yang ingin disampaikan oleh para pelukis di Galeri Nasional Indonesia, bahwa keindahan laut Indonesia merupakan kewajiban kita untuk menjaganya. Semoga selanjutnya acara-acara yang dapat menambah wawasan serta inspirasi dapat terus diadakan. 

Narasumber: Ibu Nakis Barlie atau Nakis Badriah (penyelenggara Pameran lukisan di Galeri nasional Indonesia tanggal 2 Oktober 2016 yang bertemakan “NautikaBahari”).

Tim Liputan: Mei Santi dan Widiyah Puspita Sari (17 September 2016)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar