Senin, 11 Juni 2018

3 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik Lebaran




(SUMBER FOTO : GOOGLE)

Mengatur keuangan saat lebaran tidaklah mudah untuk dilakukan, perlu perencanaan yang memang benar-benar matang. Momen rutin satu tahun sekali ini terkadang membuat banyak orang berpikir bahwa tidak masalah jika mengeluarkan banyak uang, ini cuma setahun satu kali. Hal inilah yang terkadang membuat Anda pusing sendiri ketika lebaran usai, tagihan sudah datang namun semua isi tabungan sudah habis termakan.

Dibawah ini ada beberapa langkah untuk menahan dan mengatur keuangan Anda saat momen persiapan lebaran tiba.

1. Persiapkan dari Jauh-jauh Hari!
Pengeluaran yang membengkak saat menjelang lebaran, tentunya sudah menjadi sesuatu tiap tahun yang sudah biasa dialami. Jadi, untuk menghadapi lebaran tahun ini, hendaknya kita berkaca dari lebaran tahun-tahun sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan keuangan sejak jauh-jauh hari atau dari beberapa bulan sebelumnya. Dengan menyisihkan sejumlah uang sedikit demi sedikit sejak diharapkan nanti pada saat lebaran kondisi keuangan tidak terlalu terbebani dan setidaknya ada sedikit tabungan yang bisa digunakan.

2. Buatlah Skala Prioritas!
Biaya yang besar untuk memenuhi kebutuhan dan persiapan menjelang lebaran mau tidak mau harus melakukan pengaturan dengan cara memprioritaskan kebutuhan yang ada. Seringkali seseorang susah dalam memanajemen antara kebutuhan dengan keinginan yang mana hal itu akan membuat kondisi keuangan semakin memburuk jika tidak dapat diatur dengan baik. Sehingga untuk menghindari adanya kondisi keuangan yang semakin memburuk khususnya pada saat menjelang lebaran maka alangkah baiknya jika melakukan pengaturan skala prioritas kebutuhan terlebih dahulu baru setelah itu skala prioritas keinginan tetapi jika masih memungkinkan.

Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah perlu membeli segala sesuatu yang baru saat lebaran nanti?  Agar hemat dan sebagai kontrol keuangan juga, buatlah skala prioritas kebutuhan anda, mana yang sifatnya utama dan mana yang sifatnya hanya sebagai pelengkap. Penuhi dulu kebutuhan prioritas anda, baru jika ada sisa budget lebaran anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan sekunder, tersier, dan seterusnya.

3. Jangan habiskan Uang Anda!
Ketika lebaran, THR, bonus, dan tunjangan lainnya turun, anda akan terasa memiliki banyak uang, jangan terlalu bernafsu untuk menghabiskannya. Anda harus mengingat jika setelah lebaran usai, masih banyak cicilan yang harus Anda bayar seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan, hingga cicilan lainnya yang belum di bayar. Mungkin lebih bijak jika uang anda tidak digunakan untuk yang tidak terlalu penting, lebih baik di gunakan untuk keperluan lainya dibulan berikutnya.

Demikianlah beberapa cara untuk mengelola keuangan menjelang lebaran. Dimana pada dasarnya hal tersebut perlu untuk diperhatikan. Perlu diingat, pentingnya mudik dan lebaran adalah berkumpul bersama keluarga besar, silaturahmi, saling bermaaf-maafan. Tidak dibutuhkan dana yang besar apabila tujuan kita adalah hanya untuk berkumpul dan silaturahmi dengan keluarga. Sehingga tidak ada alasan Anda boros ketika lebaran dan mudik. Siapkan fisik, kesehatan, dan mental dengan baik untuk mudik. Dan yang paling penting siapkan keuangan Anda agar tidak bocor gara-gara mudik.


PENULIS : Muhammad Taufik Hidayat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar