Rabu, 13 Juni 2018

Unik dan Meriah, Inilah 7 Tradisi Sambut Hari Lebaran di Indonesia


Idul Fitri adalah salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia  yang merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
Di Indonesia, perayaan lebaran dirayakan besar-besaran oleh umat muslim yang tersebar dari berbagai daerah. Dimana setiap daerah tersebut memiliki tradisi unik sendiri dalam rangka menyambut datangnya lebaran.
Tradisi lebaran ini sudah menyatu dengan budaya daerah masing-masing tanpa meninggalkan akidah ajaran agama Islam. Penasaran? Tradisi lebaran apa saja yang unik dan meriah di Indonesia? Berikut ulasannya :

1. Meugang – Aceh


Sumber Foto : Sumugah.com
Meugang adalah tradisi khusus masyarakat aceh menyambut hari lebaran. Warga Tanah Rencong membeli daging lembu atau kerbau untuk dimasak, lalu disantap bersama. Tradisi ini sudah berlangsung sejak 400 tahun lalu.

2. Bakar Gunung api – Bengkulu


Sumber Foto : Twitter.com
Warga Bengkulu menyakini bahwa api adalah penghubung antara manusia dengan leluhur mereka. Kepercayaan inilah yang melahirkan tradisi Lebaran bernama Ronjok Sayak atau Bakar Gunung api. Bakar Gunung api ini dilakukan terutama oleh suku serawai yang mana batok kelapa disusun menjulang tinggi keatas, kemudian dibakar didepan rumah mereka masing-masing.

3. Fesitival Meriam Karbit – Pontianak


Sumber Foto : Wartakini.co
Tradisi Meriam Karbit dilakukan oleh warga Pontianak, Kalimantan Barat. Saat menjelang malam takbiran, warga Pontianak akan berkumpul di sekitar pinggir Sungai Kapuas untuk menyalakan meriam-meriam besar sebagai tanda datangnya Hari Kemerdekaan.

4. Grebek Syawal – Yogyakarta


Sumber Foto : 2JogJa.com
Di Yogyakarta, usai Idul Fitri, ada tradisi lebaran yang selalu ditandai dengan perayaan Grebeg Syawal. Dalam tradisi ini, warga Yogyakarta akan mengarak bermacam-macam hasil bumi yang disusun rapi berbentuk kerucut dan berukuran besar.

5. Ngejot – Bali


Sumber Foto : m.dream.co.id
Ngejot merupakan tradisi umat muslim di Bali. Dalam tradisi ini, warga muslim akan membagikan makanan kepada semua warga tanpa membedakan agama yang dianutnya dengan tujuan menciptakan hubungan harmonis antar umat beragama di Bali.

6.  Festival Tumbilotohe – Gorontalo


Sumber Foto : m.republika.co.id
Festival Tumbilotohe adalah tradisi lebaran yang unik sekaligus terlihat indah di Gorontalo. Warga Gorontalo akan menyalakan lampu yang berbahan dari minyak tanah untuk menerangi sepanjang jalan di Gorontalo. Selain itu tradisi ini juga dimeriahkan dengan tabuhan bedug dan meriam dari bambu.

7. Perang Topat – Lombok


Sumber Foto : wowasiknya.com
Perang topat berarti perang ketupat yang dilakukan pada hari keenam lebaran. Tradisi ini dilakukan oleh suku Sasak yang merupakan suku asli di Lombok.
Pertama-tama, mereka akan mengarak hasil bumi. Kemudian, akan berlanjut dengan saling lempar ketupat. Mereka percaya, dengan melempar ketupat semua doa dan permohonan mereka akan segera terkabul.

Penulis : Rabiah adawiyah
Sumber : wowasiknya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar