Selasa, 26 Juni 2018

PILKADA SERENTAK TAHUN 2018





Satu hari menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau yang biasa disingkat Pilkada dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang memenuhi syarat. Pemilihan kepala daerah dilakukan satu paket bersama dengan wakil kepala daerah. Kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dimaksud mencakup gubernur dan wakil gubernur untuk provinsi, bupati dan wakil bupati untuk kabupaten, dan wali kota dan wakil wali kota untuk kota.

Pilkada diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dengan diawasi oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Provinsi dan Panwaslu Kabupaten/Kota dan menekan kan pentingnya pilkada yang langsung,umum,bebas,rahasia,jujur,dan adil (luber dan jurdil) sesuai amanat Undang Undang.
Terdapat 17 provinsi yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak, yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Juni 2018. Berikut kandidat untuk provinsi Jawa Barat:
1.H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 197, adalah seorang arsitek dan politikus Indonesia yang menjabat sebagai Wali Kota Bandung untuk periode 2013 hingga 2018 dan H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 10 Mei 1969 adalah bupati Tasikmalaya yang menjabat pada periode 2016-2021.

2.Dr. H. Tubagus Hasanuddin, S.E., M.M. (lahir di Majalengka, Jawa Barat, 8 September 1952, adalah seorang mantan perwira tinggi TNI-AD yang sejak 1 Oktober 2014 mengemban amanat sebagai Anggota DPR RI dan Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N. lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 29 November 1960, adalah seorang Purnawirawan perwira tinggi Polri yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Sespimti Lemdiklat Polri.

3.Mayjen TNI (Purn.) Sudrajat, lahir 4 Februari 1949, adalah seorang Purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang sebelumnya menjabat Dirjen Strategi Pertahanan, Departemen Pertahanan dan H. Ahmad Syaikhu. lahir di Cirebon, Jawa Barat, 23 Januari 1965, adalah seorang politikus Indonesia. Ia adalah Wakil Wali Kota Bekasi, Jawa Barat mendampingi Rahmat Effendi yang dilantik pada 10 Maret 2013

4.H. Deddy Mizwar, S.Sn., S.E., M.I.Pol. lahir di Jakarta, Indonesia , 5 Maret 1955, adalah Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2013. Ia juga merupakan seorang aktor senior dan sutradara Indonesia dan H. Dedi Mulyadi, S.H. lahir di Sukasari, Subang, 11 April 1971, adalah Bupati Purwakarta petahana.

Dalam memilih kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur, kita harus cermat dan sesuai dengan kebutuhan yang ada didaerahnya agar mengetahui apa yang harus dilakukan oleh kepala daerah selama 5 tahun ke depan dengan cara melihat visi, misi, program kerja dan latar belakang para kandidat.

Penulis: Alfiana Femi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar