Sabtu, 26 Maret 2022

Cara Melakukan Agenda Setting dan Framing bagi Seorang Jurnalis

 

Sumber foto : https://www.kajianpustaka.com/2019/10/pengertian-karakteristik-jenis-dan-syarat-foto-jurnalistik.html


Jakarta, Aktualiti.com – Apakah kalian tahu tentang Agenda Setting dan Framing? Dalam dunia jurnalis agenda setting dan framing sangat penting untuk dilakukan. Apalagi sebagai seorang pemimpin redaksi.

Kelihaian dalam menganalisis dan melempar isu membuat media semakin terlihat eksistensinya. Framing atau bersikap atas suatu isu adalah salah satu yang harus dimiliki seorang jurnalis.

Agenda Setting

Apa itu agenda setting? Kemampuan dalam mengolah isu terkini termasuk dalam agenda setting. Sebagai media agenda setting diperlukan dalam mempengaruhi pikiran audiensnya.

Ada 3 proses sebuah berita akan menjadi kebijakan publik

1.     Agenda media

2.     Agenda publik

3.     Kebijakan publik

Framing

Pernah kalian melihat sebuah berita tentang suatu isu? Lalu kalian mendukung isu tersebut. Nah, dalam framing ini media bersikap atas suatu isu yang beredar dimasayarakat.

Tujuannya agar seorang jurnalis mempunyai cara pandang tersendiri dalam memandang sebuah isu. Media juga kerap memberikan gambaran yang terbatas. Karena keterbatasan ruang media, kelemahan jurnalis, dan kepentingan.

Metode Analisis framing

Ada banyak metode yang bisa dilakukan seorang jurnalis dalam menganalisis sebuah isu. Salah satunya metode analisis Robert Entman.

1.     Definisi problem atau peristiwa dilihat sebagai apa?

2.     Diagnose Causes atau siapa penyebab masalah?

3.     Make moral judgment atau penilaian atas penyebab masalah?

4.     Treatment Recommendation atau saran penanggulangan masalah

Merencanakan Agenda Setting dan Framing

Dalam merencanakan ini, perlu strategi yang sudah direncakan secara terstruktur. Diantaranya dapat dilakukan sebuah strategi aksi sebagai berikut :

1.     Kampanye medsos

2.     Jumpa pers

3.     Pemberitaan di jaringan media.

Dapat disimpulkan bahwa dalam menyusun agenda setting dan framing, Memetakan informasi yang akan diberitakan melalui strategi yang sudah dirancang.

 

Sumber : Heru Margianto, Redaktur Pelaksana www.kompas.com

Penulis: Dimas Priangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar