Jumat, 20 November 2020

Hah, Jumat Hitam? Apa itu Black Friday?

 

sumber foto: dribble.com

 “Black Friday tuh sebenernya hari apaan sih?”. Nah, kaum pecinta belanja dan diskonan pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini karena itulah hari yang ditunggu-tunggu oleh mereka.

Black Friday sangat populer di Amerika Serikat dan ini berkaitan dengan perayaan Thanksgiving, lho. Namun, seiring berjalannya waktu istilah ini akhirnya ikut populer di beberapa negara termasuk Indonesia. Nah, emang Black Friday itu apaan sih? Black Friday merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving. Di Amerika, satu hari setelah Thanksgiving adalah hari libur dan semua orang akan berbelanja karena sejumlah toko offline maupun online akan berlomba-lomba mengadakan diskon besar-besaran dan promo spesial.  Kalau perayaan Thanksgiving tahun ini jatuh pada kamis keempat di bulan November, berarti Black Friday tahun ini ada pada tanggal 27 November 2020. Catat guys!

Banyak alasan kenapa istilah Black Friday ini muncul. Ada yang beranggapan istilah Black Friday ini bermula karena kemacetan dan kepadatan di kawasan Philadhelpia, Amerika Serikat. Di mana semua orang pada hari jum’at pertama setelah Thanksgiving akan pergi ke pusat perbelanjaan sehingga jalanan menjadi super macet, banyak terjadi kecelakaan dan kriminal. Ada juga yang menyebut istilah ini muncul karena pada hari jumat pertama setelah Thanksgiving itu para pengusaha mulai menghitung laba tahunan mereka dan dalam akuntansi penulisan laba biasanya akan menggunakan tinta hitam sedangkan kerugian akan dicatatkan dengan tinta merah. Untuk memberikan kesan positif, maka anggapan kedua lah yang sekarang ini banyak dipakai para pemilik bisnis dalam memaknai Black Friday.

Di Indonesia sendiri perayaan Black Friday sama saja dengan HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional, 11.11, 12.12 dan masih banyak lagi. Sejumlah toko offline maupun online akan berlomba-lomba mengadakan promo dan diskon menarik. Buat kalian yang waktu event 11.11 kemarin enggak kebagian promo, jangan sedih! Masih ada promo Black Friday bulan pada bulan desember mendatang hihihi. Siap-siap begadang lagi ya guys!


 Penulis: Aca


Tidak ada komentar:

Posting Komentar