Senin, 02 November 2020

TIPS MENGHADAPI KULIAH ONLINE AGAR EFEKTIF DAN TIDAK JENUH

 

Sumber Foto: Brilio.net

Masa pandemi belum juga usai, namun perkuliahan tetap berjalan secara online. Kuliah online justru membuat mahasiswa semakin kesulitan, mengapa demikian? Saat di rumah, mahasiswa akan terasa lebih malas, sedangkan tugas yang diberikan semakin menumpuk. Selain itu, sebagian anak perempuan, dituntut untuk melakukan pekerjaan rumah sehingga kalian perempuan harus pandai membagi waktu antara kewajiban di kampus dengan di rumah. Tidak hanya itu saja, kendala lain yang dialami seperti gangguan sinyal sehingga tidak dapat mengakases media yang diberikan akan menjadi masalah yang dihadapi bagi mahasiswa/i. Agar kita tetap melaksanakan kuliah online dengan efektif dan tidak jenuh, berikut ada beberapa tips antara lain:

1. Memperhatikan Penjelasan Dosen dengan Baik

Ada beberapa dosen yang melakukan kuliah tatap muka secara online melalui video conference seperti Zoom dan Google Meet. Saat dosen sedang menjelaskan materi perkuliahan, kamu harus tetap bersemangat dan selalu menyimaknya dengan baik. Kamu juga harus berkonsentrasi agar materi perkuliahan online yang diterima dapat berjalan efektif. Selain itu, catatalah point-point penting pada buku notes sehingga kamu juga tidak hanya menyimaknya saja tetapi juga mencatat bagian materi yang penting.

2. Mencari atau Membuat Ruangan Belajar yang Nyaman

Ketika ruangan yang ditempati untuk belajar nyaman, otomatis tingkat konsentrasi kita akan meningkat. Belajar dari rumah rasanya akan lebih sulit karena banyak sekali hal-hal sepele yang mengganggu kita sehingga konsentrasi yang dimilikipun akan hilang. So, cari tempat yang nyaman ya untuk kuliah online!

3. Jangan Terlambat Mengumpulkan Tugas  

Bagi mahasiswa/i deadliners biasanya ini menjadi bagian yang sulit dihadapai dalam kuliah online. Karena jarak pemberian tugas terkadang berdekatan dan tenggat waktu yang singkat, membuat mahasiswa menjadi keteteran dan berakibat pada keterlambatan pada pengumpulan tugas. Yuk, biasakan disiplin waktu dan tidak menunda-nunda tugas untuk kedepannya.

4. Mengubah Mindset

Mengubah pola pikir itu penting misal dari yang awalnya kita mengganggap bahwa kuliah online hanya sekadar belajar di rumah tetapi tidak mempersiapkan jiwa dan fisik maka produktivitas tidak akan terwujud. Belajar dari rumah bukan berarti malas-malasan dan tidak serius. Kita harus meyakinkan diri bagaimana kita tetap produktif meskipun belajar dari rumah.

5. Membagi Waktu

Walaupun tugas kuliah online banyak, kita harus tetap membagi waktu antara kuliah dengan istirahat. Jika kita sudah melaksanakan tips-tips di atas maka kita akan lebih mudah dalam menjalankan kuliah online serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Selain itu, jangan lupakan waktu untuk beristirahat sejenak dan melakukan kegiatan yang kita sukai seperti berolahraga, membuat cake, bermain dengan hewan kesayangan, dan sebagainya agar otak kembali fresh serta jangan lupa untuk tidur yang cukup.

Itulah beberapa tips untuk kuliah online  agar lebih mudah dan tidak cepat bosan. Semoga bermanfaat!

                            

                                                                                     Penulis: Novita Anggraini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar