Jumat, 24 Agustus 2018

Waspada, Cahaya Ponsel Dapat Memicu Kebutaan



Theguardian.com
Terlalu lama menatap layar ponsel dapat memicu kerusakan pada mata kita.
Riset terbaru membuktikan efek cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik dapat mengakibatkan kebutaan . Para peneliti menemukan cahaya biru yang menyinari sel – sel mata mengubah molekul vital di retina menjadi pembunuh sel.
Kita terpapar cahaya biru terus menerus. Kornea dan lensa mata tidak dapat menghalangi atau memantulkannya,” kata Ajith Karunarathe, salah satu peneliti.
Efek negatif menatap layar ponsel terlalu lama pada saat malam hari mengakibatkan kelelahan pada mata. Cahaya terang dapat mengganggu kinerja hormon yang mengakibatkan kita sulit tidur. Riset juga mengungkapkan, yakni cahaya biru pada ponsel juga dapat mengakibatkan degenerasi makula.
Degenerasi makula atau macular degeneration itu sendiri adalah gangguan mata yang mempengaruhi kemampuan untuk melihat dan dapat menyebabkan kebutaan.
Oleh sebab itu, bagi pengguna handphone alangkah baiknya menghindari atau membatasi penggunaan ponsel pada saat gelap. Lindungi mata dari sinar UV dan makan makanan yang sehat seperti ikan, buah,sayuran dan makanan yang mengandung antioksidan.
Penulis : Simeliya Sani
Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar