Sabtu, 19 September 2020

Review Film: Parasite, Pemenang Film Terbaik Pada Ajang Piala Oscar 2020

 

foto: imdb.com

Parasite telah mencatat sejarah dunia yang baru tatkala menjadi film Asia pertama yang menang film terbaik di Ajang Piala Oscar 2020. Film arahan Bong Joon Ho ini  memborong penghargaan Best Picture, Best Director, Best Foreign Language, dan Best Original Screenplay yang membuktikan bahwa Ajang Piala Oscar tidak diperuntukan hanya untuk orang kulit putih saja.

Film ini digambarkan oleh sang sutradara untuk memperlihatkan perbedaan dua keluarga dengan status sosial dan ekonomi yang sangat bertolak belakang dalam satu frame dan bagaimana manusia bisa hidup dengan memanfaatkan manusia lain atau bisa disebut sebagai parasit.

Cerita ini berfokus pada keluarga Ki Taek, pengangguran dan tidak memiliki masa depan. Suatu hari Ki Woo, anak laki-laki tertua keluarga tersebut, mendapatkan tawaran menjadi guru les privat di sebuah keluarga kaya raya.

Ki Woo yang datang ke rumah keluarga tersebut dengan ijazah Harvard palsu pun bertemu sang nyonya rumah yang baik namun naif. Maka serangkaian rencana pun mulai terbesit dikepala Ki Taek, yaitu membawa seluruh keluarganya untuk bekerja dirumah ini, atau dengan kata lain; menipu.

Lalu serangkaian konflik mulai terjadi setelah Ki Woo menjebak satu persatu pekerja rumah tersebut dan merekomendasikan anggota keluarga nya.

Bong Joon Ho menggambarkan masing-masing karakter dengan sangat kuat. Penonton diajak menikmati alur cerita yang terlihat sederhana sebelum kemudian ‘diserang’ oleh emosi yang campur aduk oleh film tersebut.

Laju cerita kian intens, mencekam juga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan akan nasib tiap karakter dan laju cerita, seperti dibawa bermain roller coaster.

Apresiasi patut diberikan bukan hanya pada sang sutradara, namun para pemain, penata efek, pengarah musik, dan kru film lainnya.

 

                                                Penulis: Kartika Vennasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar