Senin, 21 September 2020

Odading Si Roti Goreng Yang Manis

 

Sumber foto : ayosemarang.com

Kalian mau menjadi Iron Man sesungguhnya? Eits, tunggu kalau kalian belum mengenal sejarah makanan satu ini yang membuat kalian menjadi seperti Iron Man  sesungguhnya.

Dalam beberapa hari terakhir, Sha melihat  video yang menunjukkan penjual Odading dari Bandung bernama Mang Sholeh atau Mang Oleh yang  viral di media sosial. Jajanan ini sebenarnya sudah biasa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Tapi cara mempromosikan odading ini lah yang membuat makanan ini menjadi unik dan mengundang banyak orang yang kemudian tertarik untuk mencicipinya.

Para penjual odading biasanya menjajakan odading bersama jajanan tradisional lain, seperti cakwe. Cakwe dan odading seperti serupa tapi tak sama, bedanya cakwe memiliki cita rasa asin, sedangkan odading memiliki rasa manis. Kalian tahu mengapa saudara cakwe ini disebut dengan odading? Ini kisahnya.

Pada Zaman Penjajahan ada seorang anak Belanda yang tinggal di Nusantara yang ingin mencicipi camilan yang dijajakan oleh seorang pedagang. Dia meminta ibunya untuk membelikannya tapi tidak tahu sebutan untuk makanan tersebut. Kemudian saat ibunya melihat jajanan yang dimaksud anaknya, dia berkata “oh,that thing” yang artinya adalah “oh, ini toh.” Semenjak sebutan ini muncul, roti goreng pun kemudian dikenal dengan sebutan “Odading” yang sebenarnya adalah penyesuaian dari “oh, that thing”. Seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak pengusaha kuliner yang memodifikasi odading menjadi makanan yang lebih kekinian. Seperti memberi topping tambahan dengan berbagai rasa untuk menambah daya tarik odading.

Meski viral di berbagai media sosial, ternyata banyak orang yang bingung dengan sebutan Odading, Hal ini disebabkan oleh sebutan dari jajanan ini yang berbeda-beda di setiap daerah. Sebagai contoh, di sekitar Jawa Tengah, khususnya pesisir utara, menyebutnya sebagai Kue Bolang-Baling. Sementara di sekitar Banyumas atau Jogja, sebutannya adalah Galondeng/Galundeng.

Di Solo, Odading dikenal dengan Gembukan atau Onde-Onde Ketawa. Di Malang, Jawa Timur, makanan ini dikenal sebagai Roti Goreng. Sementara di Jakarta, orang lebih mengenalnya sebagai Kue Bantal.


                                                                                                  Penulis: Asha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar