Rabu, 23 Desember 2020

GEBRAKAN PRESIDEN JOKOWI DI PENGHUJUNG TAHUN 2020 RESHUFFLE SEJUMLAH MENTERI

 

Sumber foto: www.cnbcindonesia.com (Presiden Jokowi pada saat mengumumkan menteri baru di Istana Negara).


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan alias reshuffle. Bertempat di Istana Negara, Jokowi mengumumkan menteri barunya. “Pada sore yang berbahagia ini, saya dan wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet maju” kata Jokowi, pada hari Selasa 22 Desember 2020.

Dengan setelan kemeja putih dan celana hitam yang senada dengan wakil presiden, Jokowi pun mengumumkan menteri-menteri barunya. Jokowi melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial hingga Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial covid-19sedangkan Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjadi menteri baru Jokowi untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Selain itu, kejutan lain ialah Ketum GP Ansior Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Total keseluruhan menteri yang di reshuffle  pertama kali  oleh Jokowi di Kabinet Indonesia Maju adalah 6 menteri, dengan perincian sebagai berikut.

1.    Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial.

2.    Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

3.    Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

4.    Muhammad Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

5.    Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI.

6.    Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Sejumlah pakar saham dan investasi mengatakan dengan adanya nama yang dipercaya dapat menghidupkan roda IHSG di tahun depan di harapkan meningkat tajam. Nama tersebut adalah Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno yang sudah tidak asing nama dan kinerjanya di pemerintahan, sehingga para investor pun mulai menaruh kembali kepercayaannya lagi untuk menanam saham dan investasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan adanya perombakan kabinet ini, diharapkan menjadi angin segar bagi Indonesia untuk menuntaskan dari keterpurukan pandemi covid-19.

Penulis : Nabila Tiara A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar